1. Pinisi
Kapal kayu Pinisi
telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu,
diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut naskah
Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama sekali
dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar
menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang bernama We
Cudai.
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang
berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini
umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga
di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan
untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar
yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai
layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu
mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
2. Barque Sedov
Kapal ini awalnya
dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman
pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun
1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan
militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada
angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi
dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov. Aspek yang paling
unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang
baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90
tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan
sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia
St Petersburg dan Murmansk.
3. Royal Clipper
Royal Clipper
merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun
1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal
layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal
Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi
dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan
tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan
bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter,
Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal
layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal,
dan memiliki tiga buah kolam renang.
4. Preussen
Preussen adalah
kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di
Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat
dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat
dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal
ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de
Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal
ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar
dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol,
Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand
Magellan.
6. Thomas W. Lawson
Kapal ini dibuat
oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di
Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7
tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai
timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal
layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar