1. Pinisi
  
  
   
  
 
 
Kapal kayu Pinisi
 telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu, 
diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut naskah
 Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama sekali 
dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar 
menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang bernama We 
Cudai. 
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang 
berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini
 umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga
 di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan 
untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar 
yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai
 layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu 
mengharungi tujuh samudera besar di dunia. 
2. Barque Sedov
Kapal ini awalnya
 dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman 
pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun 
1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan 
militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada 
angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi 
dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov. Aspek yang paling 
unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang 
baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 
tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan 
sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia 
St Petersburg dan Murmansk.
3.  Royal Clipper
  Royal Clipper 
merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun 
1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal 
layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal 
Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi 
dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan 
tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan 
bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, 
Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal 
layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal,
 dan memiliki tiga buah kolam renang.
4. Preussen
Preussen adalah 
kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di 
Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat
 dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat 
dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal
 ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de 
Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal
 ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar 
dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, 
Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand
 Magellan.
6. Thomas W. Lawson
Kapal ini dibuat 
oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di 
Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7 
tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai 
timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal 
layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia. 
   
  
 
 






Tidak ada komentar:
Posting Komentar